Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang 16, Begini Tipsnya Agar Lolos Seleksi

26 March 2021 Bookmark0
Daftar Isi [Tampil]

Masyundar.com - Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang 16, Begini Tipsnya Agar Lolos Seleksi. Kartu Prakerja gelombang 16 kemungkinan menjadi batch terakhir pada semester ini. Kuota yang tersedia pun sepertinya akan lebih sedikit.Pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 16 kemungkinan besar dilakukan Kamis (25 Maret 2021). Hal itu melihat pada praktik yang terjadi pada gelombang-gelombang sebelumnya.


Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang 16, Begini Tipsnya Agar Lolos Seleksi

Kepastian kapan jadwal pembukaan Kartu Prakerja gelombang 16 memang ditunggu banyak orang. Persaingan untuk lolos seleksi pun dipastikan akan menjadi lebih ketat melihat kemungkinan kuota yang tersedia semakin sedkit.


Sebelum jadwal pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 16 dilansir, menurut catatan Ayojakarta, kuota program Kartu Prakerja sudah mencapai 2,4 juta peserta. Empat batch sudah diriliis yakni gelombang 12, gelombang 13, gelombang 14, dan gelombang 15 dengan kuota masing-masing 600 ribu peserta.


Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja melansir bahwa kuota peserta untuk semester 1 tahun 2021 dipatok sebanyak 2,7 juta orang. Dengan begitu, kini tersisa sekitar 300 ribu peserta yang kemungkinan diserap lewat gelombang 16.


Pembukaan pendaftaran untuk gelombang 16 ini biasanya dilakukan pada Kamis pukul 12.00 WIB tepatnya hari ini, kira-kira sepekan setelah penutupan pendaftaran gelombang sebelumnya.


Cara mendaftar Kartu Prakerja

- Masuk ke laman prakerja.go.id

- Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi

- Cek email masuk dari Kartu Prakerja untuk aktivasi. Setelah itu, kembali ke laman prakerja.go.id

- Masukkan e-mail dan kata sandi yang baru dibuat

- Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir

- Klik tombol 'berikutnya'

- Isi data diri di form pengisian (nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik 'berikutnya'

- Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak Prakerja

- Mengisi tes motivasi selama 1 menit

- Tunggu email pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan

- Jika sudah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke laman prakerja.go.id, dan klik pada tulisan 'gabung ke gelombang 16' (jika sudah dibuka).


Cara login kembali akun prakerja

- Masuk ke laman prakerja.go.id

- Masukkan email dan kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya

- Menuju ke laman dashboard di profile Prakerja masing-masing

- Peserta dapat langsung klik 'gelombang 16' (jika sudah dibuka).


Sebagai persiapan, ada baiknya kamu pelajari tips agar lolos tes dan seleksi Prakerja gelombang 16 seperti dilansir www.prakerja.go.id di bawah ini:

Apakah saya harus menjalani tes untuk mendapatkan bantuan dari Kartu Prakerja?

Iya, kamu harus mengikuti Tes Motivasi & Kemampuan Dasar pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran.


Apakah tes mempengaruhi kelolosan saya?

Ya, tes merupakan salah satu komponen yang wajib kamu ikuti untuk mendaftar dan mendapatkan manfaat Kartu Prakerja.


Apakah tes mempunyai durasi atau batas waktu?

Tes Motivasi & Kemampuan Dasar berdurasi maksimal 25 menit. Kamu bisa menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.


Apa yang perlu saya siapkan sebelum tes?

Untuk membantu kamu, kamu bisa menyiapkan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.


Apakah seleksi Gelombang mempengaruhi kelolosan saya?

Tentu, setiap seleksi Gelombang mempunyai periode tertentu dan kuota. Pada saat kamu melakukan proses pendaftaran, jangan lupa untuk segera ikut seleksi Gelombang agar tidak ketinggalan kuota, ya!


Apakah setiap gelombang (batch) mempunyai kuota?

Ya, setiap Gelombang mempunya kuota untuk area dan periode tertentu. Kamu hanya bisa memilih Gelombang sesuai dengan domisili yang didaftarkan pada Kartu Prakerja. Cek dashboard akun kamu untuk cek Gelombang yang masih terbuka.


Kalau saya tidak dapat kuota Gelombang, apakah saya bisa ikut seleksi Gelombang berikutnya?

Tentu kamu boleh mengikuti seleksi Gelombang periode berikutnya. Di setiap Gelombang yang kamu pilih, kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos atau tidak di dashboard akun kamu.


Jika saya gagal atau tidak lolos seleksi Gelombang apakah harus ulang lagi pendaftaran?

Tidak, jika gagal seleksi gelombang karena kuota habis, kamu dapat mengikuti seleksi periode Gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal.


Bagaimana cara untuk tahu saya lolos atau tidak?

Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun kamu, lalu cek dashboard kamu. Jika lolos seleksi gelombang, kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Kamu juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu. Jika tidak lolos, kamu akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja kamu.


Jika saya tidak lolos gelombang, apakah saya harus melakukan pendaftaran ulang?

Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, kamu masih bisa memilih Gelombang berikutnya. Selamat berjuang, semog berhasil ya sob.


Sumber: https://ayobandung.com/read/2021/03/25/205210/kartu-prakerja-gelombang-16-dibuka-intip-tips-agar-lolos-seleksi

Share:

Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Whatsapp

Androydz

Menyajikan Kumpulan Informasi Terbaru Seputar Tutorial, Teknologi, Informasi, Kesehatan, Bisnis dan Wisata di rangkum sebaik mungkin agar tetap menjadi tempat bacaan terpercaya.

Tampilkan Komentar